Jumat, 21 Mei 2010

Desa Purwodadi Tempat Pengembangan Ternak

Musi Rawas,
Pemerintah Kabupaten Musi Rawas telah menargetkan Kecamatan Purwodadi akan ditetapkan sebagai lumbung daging daerah ini bahkan Propinsi Sumatera Selatan. Hal ini bukan tidak beralasan selain daerah ini memiliki populasi ternak sapi lebih banyak dibandingkan kecamatan lainnya, juga daerah ini telah sukses melakukan  pengembangan ternak sapi.
Bupati Musi Rawas H Ridwan Mukti akan mengusulkan kecamatan Purwodadi ini menjadi pusat pengembangan peternakan  sapi di Sumsel ke pemerintah pusat, untuk itu Bupati mengintruksikan Bappeda agar membuat pengajuan anggaran khusus bagi camat Purwodadi terkait dengan sistem yang akan dibuat tentang ternak sapi ini.
”Saya berharap antara dinas terkait, kecamatan, desa serta masyarakat dapat menentukan sistem yang terbaik dalam pengembangan sapi ini,”jelasnya
Pengembangan ternak sapi ini, Kata Bupati bukan hanya daging, kulit yang bisa dimanfaatkan tetapi juga kotoran sapi yang bias dimanfaatkan sebagai enegi alternative sehingga kalau program ini bisa  berjalan dengan baik ama secara otomatis akan memberikan dampak yang positif bagi peningkatan kesejahateraan masyarakat daerah setempat dan sekitarnya.
Selain itu Bupati juga akan memberikan hadiah bagi desa yang mampu untuk mandiri energy dengan memanfaatkan biogas yang berasal dari kotoran sapi dengan total hadiah Rp 50 juta.
”Saya telah melihat di kecamatan ini ada beberapa rumah yang telah memanfaatkan kotoran sapi sebagai energy alternatife penggati minyak tanah dan LPG,”paparnya
Salah satu tokoh masyarakat desa setempat, Sugeng (56) menyambut baik rencana pemerintah daerah ini menjadikan kecamatan purwodadi ini menjadi pusat pengembangan ternak sapi. Karena selain masyarakat yang ada di kecamatan tersebut selain hidup mengadalkan pertanian juga didampingi dengan pencaharian lain yaitu memilihara hewan ternak.
”Program-program bupati saat ini sangat membantu kalangan petani dan peternak, dan kami menyambut serta mendukung program tersebut, semuga dengan terwujudnya program ini maka akan memberikan peningkatan bagi kesejahteraan masyarakat”tandasnya.(Nnews)
  

0 komentar:

Posting Komentar