Jumat, 21 Mei 2010

109 Desa Musi Rawas Merindukan

http://www.blogger.com/html?blogID=3408915127073235085&action=download


Musi Rawas,-
Program yang dicanangkan Pemkab Musi Rawas terang berderang tahun 2010 sampai saat ini baru teralisasi 60,65 persen.
      Dari 277 desa yang ditargetkan hanya 168 Desa yang dapat menilmati terangnya Listrik PLN. Sedangkan untuk 109 desa masih menikmati gelapnya malam tanpa penerangan dari PLN..
     “Beberapa hambatan yang kita hadapi dalam mensukseskan program tersebut seperti masih terbatasnya anggaran yang dimiliki Pemkab Mura serta masih terbatasnya kuota KWH yang diberikan oleh PLN selaku pemegang hak penuh atas listrik,” ungkap Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Musi Rawas Zainal Arifin.
      Dilanjutkannya, Kabupaten Mura dibutuhkan sebanyak 20 ribu KWH, sedangkan hingga tahu 2009 lalu baru 1200 KWH yang terpenuhi. Artinya baru sekitar 5 persen saja yang telah terpenuhi oleh PLN.
    “Untuk mengatasi hal itu, kita sudah berupaya dengan mengajukan diri kepada PLN wilayah Sumbangsel dengan menyanggupi pengadaan KWH tersebut dengan cara menganggarkannya dalam APBD, tetapi pihak PLN mengatakan selain mereka tidak boleh ada satu pihakpun yang memiliki kewenangan dalam pengadaan KWH, “Ujar kadis.
      Dijelaskannya, sejak bergulirnya program tersebut mulai tahu 2005 lalu hingga 2010, pihak Pemkab Mura telah menghabiskan dana sekitar Rp 160 Miliar untuk membangun jaringan listrik di tiap desa.
    “Selain 168 desa yang telah menikmati listrik, ada 60 desa yang telah terpasang jaringannya namun hingga sekarang belum bisa dialiri listrik dikarenakan belum adanya KWH, namun 10 diantaranya saat ini sedang dalam proses operrasi, “Paparnya.
     Staf Bidang Migas, August Mario menambahkan, untuk desa yang telah terpasang jaringan pihaknya meminta agar masyarakat bersabar, karena pihak PLN tidak bisa begitu saja mengalirkan listrik, tetapi juga memperrtimbangkan masalah tehnis dan ekonomis.
     “Ada yang seara tejnis bisa dilakukan, namun jika ditinjau secara ekonomis belum bisa karena daerah yang akan dialiri berada di kawasan terpencil. Sehingga meskipun jaringan sudah terpasang tetapi ternyata pelanggan yang akan menggunakannya hanya sedikit,” jelasnya. (Jn)

0 komentar:

Posting Komentar